A. Topik :
Karier
dan Minat Karier
B. Bidang Bimbingan : Bimbingan
Karir
C. Jenis Layanan : Bimbingan
Kelompok
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi Dasar : Mengenal
Karier dan Minat Karier
F. Tujuan Layanan :
1.
Agar siswa mampu memahami minat yang ada
dalam dirinya
2.
Agar siswa mampu mengarahkan minat ke
dunia karier yang dituju
3.
Agar siswa mampu mempersiapkan diri ke
dunia kerja yang diminatinya
G. Strategi / Teknik :
Ceramah, diskusi / tanya jawab
H. Deskripsi Materi :
1. Macam-macam
minat
2. Macam-macam
karier di dunia pariwisata
3. Cara
mengarahkan karier yang sesuai dengan minatnya
I. Sasaran : Siswa
SMK kelas XII UJP (Pariwisata)
J. Semester : 1
(satu)
K. Tempat : Ruang
kelas
L. Waktu : 1
x 45 menit
M. Penyelenggara Layanan : Guru
BK
N. Uraian Kegiatan :
1. Pendahuluan
Ø Salam
pembuka dan perkenalan
Ø Absen
kehadiran siswa, pngecekan keadaan siswa maupun keadaan kelas
Ø Apersepsi
: apakah siswa sudah mngenali tentang minatnya
2. Inti
Ø Memaparkan
tentang pengertian minat dan macam – macam minat
Ø Menjelaskan
tentang Macam-macam karier di dunia pariwisata
Ø Tanya
jawab/diskusi mengenai materi yang sudah dijelaskan
3. Penutup
Ø Menyimpulkan
materi yang sudah disampaikan
Ø Menutup
pertemuan/salam pnutup
O. Media : White
board, Spidol, Laptop, LCD
P. Penilaian :
1. Penilaian
segera : mengamati
siswa selama mengikuti kegiatan layanan dan partisipasi siswa dalam memberikan
tanggapan
2. Penilaian jangka pendek : pemahaman matri layanan siswa
3. Penilaian
jangka panjang : bekerja sama
dengan wali kelas untuk mengetahui perkembangan kepribadian siswa setelah
mengikuti layanan.
Q.
Keterkaitan
dengan layanan/kegiatan pendukung : Sebagai masukan atau
bahan pertimbangan dalam layanan konseling pembelajaran
R.
Catatan
Khusus : siswa
memiliki pemahaman yang lebih tentang karier dan minat karier
APA
ITU MINAT????
Minat
merupakan salah satu aspek psikis manusia yang dapat mendorong untuk mencapai
tujuan. Seseorang yang memiliki minat terhadap suatu obyek, cenderung untuk
memberikan perhatian atau merasa senang yang lebih besar kepada obyek tersebut.
Namun apabila obyek tersebut tidak menimbulkan rasa senang, maka ia tidak akan
memiliki minat pada obyek tersebut. Crow and Crow berpendapat bahwa minat erat
hubungannya dengan daya gerak yang mendorong seseorang untuk menghadapi atau
berurusan dengan orang, benda atau bisa juga sebagai pengalaman efektif yang
dipengaruhi oleh kegiatan itu sendiri. Dengan kata lain minat dapat menjadi
sebab kegiatan dan sebab partisipasi dalam kegiatan itu.
A.
MACAM – MACAM MINAT
Kuder dalam (Purwaningrum, 1994:14), mengelompokkan
minat menjadi 10, yaitu:
·
Minat terhadap
alam sekitar, yaitu minat terhadap pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan
alam, binatang, dan tumbuhan.
·
Minat mekanis,
yaitu minat terhadap pekerjaan yang berkaitan dengan mesin-mesin atau alat teknis.
·
Minat
hitung-menghitung, yaitu minat terhadap jabatan yang membutuhkan perhitungan.
·
Minat terhadap
pengetahuan, yaitu minat untuk menemukan fakta-akta baru dan pemecahan problem.
·
Minat
persuasif, yaitu minat terhadap pekerjaan yang berhubungan mempengaruhi orang
lain.
·
Minat seni,
yaitu minat terhadap pekerjaan yang berhubungan dengan kesenian, kerajinan, dan
kreasi tangan.
·
Minat literer,
yaitu minat yang berhubungan dengan masalah-masalah membaca dan menulis
berbagai karangan.
·
Minat musik,
yaitu minat terhadap masalah-masalah musik, seperti menonton konser, dan
memainkan alat-alat musik.
·
Minat layanan
sosial, yaitu minat terhadap pekerjaan membantu orang lain.
·
Minat klerikal,
yaitu minat yang berhubungan dengan pekerjaan administratif.
B.
MACAM – MACAM KARIR DI DUNIA PARIWISATA
Di dalam dunia pariwisata banyak sekali terdapat bisang – bidang
pekerjaan yang ada di dalamnya, salah satunya adalah tour gauide dan masih
banyak yang lainnya. Berikut ini adalah penjelasan dari berbagai macam
pekerjaan di dunia pariwisata :
1.
Tour guide
Merupakan seseorang yang
memimpin suatu perjalanan wisata, baik di dalam negeri yang bertujuan untuk
memberikan informasi yang selengkap lengkapnya mengenai suatu obyek wisatadari
segi sejarah, geografi dan sebagainya.
Syarat – syarat menjadi Tout
guide
-
Warga Negara Indonesia
-
Berusia serendah – rendahnya
20 tahun
-
Menguasai salah satu atau 2
bahasa asing secara aktif
-
Menguasai pengetahuan
pariwisata, baik tentang obyek – obyek wisata maupun tentang ketentuan mengenai
perjalanan wisata
-
Mempunyai latar belakang
pendidikan pariwisata
-
Berkelakuan baik
2.
Pramugari
Pramugari adalah staf/karyawan perusahaan
penerbangan yang melayani penumpang terutama keamanannya. Fungsi selanjutnya
adalah melayani penumpang dan memberikan kenyamanan pada mereka. Pramugari
adalah anggota dari awak pesawat. Istilah pramugari digunakan untuk staf
perempuan, sedang sebaliknya untuk staf lelaki adalah pramugara.
Para pramugari dan pramugara selama dalam
perjalanan penerbangan secara bersama-sama merupakan “awak kabin” (“cabin
crew”), sementara para pilot (di kokpit) dan para teknisi memperhatikan
aspek-aspek teknis penerbangan.
Tanggung jawab utama para awak penerbangan adalah keamanan penumpang dan siap siaga dalam keadaan darurat. Hal ini diikuti dengan tugas rutin pelayanan penumpang seperti menyediakan makanan dan minuman di pesawat, dan memenuhi kebutuhan individual para penumpangnya. Peran ini terkadang menjadikan konflik ketika mereka harus meminta seorang penumpang yang telah minum minuman beralkohol terlalu banyak untuk berhenti, atau untuk meminta penumpang memasang sabuk pengaman, duduk, atau meminta mereka mengikuti prosedur keamanan pesawat.
Tanggung jawab utama para awak penerbangan adalah keamanan penumpang dan siap siaga dalam keadaan darurat. Hal ini diikuti dengan tugas rutin pelayanan penumpang seperti menyediakan makanan dan minuman di pesawat, dan memenuhi kebutuhan individual para penumpangnya. Peran ini terkadang menjadikan konflik ketika mereka harus meminta seorang penumpang yang telah minum minuman beralkohol terlalu banyak untuk berhenti, atau untuk meminta penumpang memasang sabuk pengaman, duduk, atau meminta mereka mengikuti prosedur keamanan pesawat.
Prasyarat mutlak menjadi pramugari
-
Usia minimal 18 tahun
-
Tnggi badan 160 (Pi) dan 165 (Pa) dengan
berat badan proporsional
-
Warga Negara Indonesia
-
Mempunyai pengalaman dalam pelayanan
pelanggan, sehat dan bugar
-
Tepat waktu, dapat diandalkan, pekerja
keras, antusias dan gembira
-
Mampu bersikap peka dan melayani terhadap
orang dari berbagai golongan, budaya dan bangsa
-
Mampu berbahasa Inggris dengan baik dan
lancar, baik lisan maupun tulisan
-
Apabila diterima bersedia pindah kota
dengan biaya sendiri
3.
Reservation staff
Tugas utama reservation
staff adalah mencatat dan memproses seluruh pemesanan kamar secara akurat sekaligus
mempromosikan produk hotel serta menciptakan & menjaga citra hotel yang
baik melalui pemberian pelayanan yang maksimal.
Adapun rincian tugas reservation staff yaitu:
·
Menjual produk hotel
dengan cara melakukan tehnik penjualan
·
Mempromosikan produk
dan fasilitas hotel
·
Mempertahankan
pengetahuan tentang produk dan pelayanan yang ada di hotel seperti harga &
fasilitas promosi, harga khusus dll
·
Menjalin hubungan yang
baik dengan tamu serta mengantisipasi kebutuhan tamu
·
Mencatat dan memproses
pemesanan yang dilakukan dengan berbagai macam media
·
Menerima pemesanan
kamar yang ada dalam daftar tunggu (waiting list)
·
Memproses perubahan
pemesanan kamar
·
Mencatat metode
pembayaran yang sudah di atur khusus untuk tamu rombongan dan konvensi
·
Melakukan tindakan pencegahan
untuk menghindari tamu no show
·
Meminta persetujuan FOM
atau finance manager untuk pemesanan kamar yang menginginkan pembayaran kredit
·
Membuat laporan
reservasi
·
Mengarsip data
pemesanan kamar secara akurat.
C.
CARA MENGARAHKAN KARIR
Kita
sering mendengar bahwa kunci untuk menemukan potensi karir adalah memahami diri
sendiri. Namun hal ini justru kerap kali membuat kita menjadi bertanya “Apa
saja yang perlu saya pahami dari diri saya sendiri?” Untuk memahami diri Anda
secara penuh, Anda perlu menganalisis lima hal berikut yang akan menjadi kunci
dahsyat dalam menemukan potensi karir Anda:
Ø Kunci
No. 1: Sikap dan motivasi dalam bekerja
Sebagian besar sikap terbentuk pada
masa-masa awal kehidupan setiap orang. Sikap ini terbentuk melalui pengamatan tentang
apa yang dilakukan orang dalam bekerja dan mendengarkan orang berbicara tentang
pekerjaan. Sikap cenderung tidak berubah, sedangkan motivasi untuk bekerja
cenderung berubah seiring dengan tahapan kehidupan yang dijalani.
Ø Kunci
No. 2: Lingkungan kerja yang Anda inginkan
Ada orang yang sangat yakin
memahami lingkungan kerja yang ia inginkan. Sangat mudah bagi orang semacam ini
untuk mengarahkan karirnya. Tetapi ada juga orang yang tidak peduli dengan
lingkungan kerjanya. Mempertimbangkan aspek lingkungan kerja berarti membuka
potensi karir. Putuskan lingkungan seperti apa yang Anda inginkan, baik fisik
atau non-fisik. Poin ini akan mempengaruhi semangat Anda dalam menjalani
hari-hari kerja Anda.
Ø
Kunci No. 3: Orang, data,
atau benda yang Anda inginkan dalam bekerja
Poin ini adalah kunci menuju
kepuasan karir. Jika Anda bekerja pada preferensi yang tidak sesuai mungkin
mengenai orang yang bekerjasama dengan Anda, data yang Anda geluti, atau benda
yang Anda tangani, Anda akan menemukan diri Anda berada pada ketidak
bahagiaan karir. Pada tingkatan selanjutnya hal ini akan berdampak pada ketidak
bahagiaan hidup. Semua ini bisa diatasi dengan perubahan kecil atau modifikasi
besar-besaran peran karir yang Anda lakoni atau tipe orang yang bekerjasama dengan
Anda.
Ø
Kunci No. 4:
Keterampilan yang Anda miliki
Banyak orang yang merasakan bahwa
pekerjaan yang ia lakukan sebenarnya bukan aktivitas favoritnya. Namun, mereka
tidak mengetahui jenis keterampilan apa saja yang ia miliki. Alasannya adalah
mereka mengira apa yang sudah dikerjakannya selama bertahun-tahun, itulah
keterampilannya, dan merasa puas dengan yang ada. Tidak perlu menunggu orang
lain menunjukkan kehebatan Anda. Cobalah berbagai hal yang mungkin pernah Anda
minati untuk mengetahui keterampilan hebat lainnya yang milik Anda.
Gambling 101: How to Play Roulette - Mapyro
BalasHapusRoulette is a game 영주 출장마사지 of chance and strategy that 경상남도 출장샵 can often lead to big wins. 창원 출장마사지 This can be achieved by playing roulette on 성남 출장마사지 a 김제 출장마사지 computerized