Selasa, 29 Mei 2012

SATUAN LAYANAN


Satuan Layanan Bimbingan dan Konseling

A.    Topik                                                  : Karier dan Minat Karier
B.     Bidang Bimbingan                            : Bimbingan Karir
C.    Jenis Layanan                                   : Bimbingan Kelompok
D.    Fungsi Layanan                                : Pemahaman
E.     Kompetensi Dasar                             : Mengenal Karier dan Minat Karier
F.     Tujuan Layanan                               :
1.      Agar siswa mampu memahami minat yang ada dalam dirinya
2.      Agar siswa mampu mengarahkan minat ke dunia karier yang dituju
3.      Agar siswa mampu mempersiapkan diri ke dunia kerja yang diminatinya
G.    Strategi / Teknik                                : Ceramah, diskusi / tanya jawab
H.    Deskripsi Materi                                :
1.      Macam-macam minat
2.      Macam-macam karier di dunia pariwisata
3.      Cara mengarahkan karier yang sesuai dengan minatnya
I.       Sasaran                                              : Siswa SMK kelas XII UJP (Pariwisata)
J.      Semester                                             : 1 (satu)
K.    Tempat                                               : Ruang kelas
L.     Waktu                                                            : 1 x 45 menit
M.   Penyelenggara Layanan                   : Guru BK
N.    Uraian Kegiatan                                :
1.      Pendahuluan
Ø  Salam pembuka dan perkenalan
Ø  Absen kehadiran siswa, pngecekan keadaan siswa maupun keadaan kelas
Ø  Apersepsi : apakah siswa sudah mngenali tentang minatnya
2.      Inti
Ø  Memaparkan tentang pengertian minat dan macam – macam minat
Ø  Menjelaskan tentang Macam-macam karier di dunia pariwisata
Ø  Tanya jawab/diskusi mengenai materi yang sudah dijelaskan
3.      Penutup
Ø  Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
Ø  Menutup pertemuan/salam pnutup
O.    Media                                                 : White board, Spidol, Laptop, LCD
P.     Penilaian                                            :                                  
1.      Penilaian segera                       : mengamati siswa selama mengikuti kegiatan layanan dan partisipasi siswa dalam memberikan tanggapan
2.       Penilaian jangka pendek         : pemahaman matri layanan siswa
3.      Penilaian jangka panjang         : bekerja sama dengan wali kelas untuk mengetahui perkembangan kepribadian siswa setelah mengikuti layanan.
Q.    Keterkaitan dengan layanan/kegiatan pendukung : Sebagai masukan atau bahan pertimbangan dalam layanan konseling pembelajaran
R.    Catatan Khusus                                : siswa memiliki pemahaman yang lebih tentang karier dan minat karier



APA ITU MINAT????
Minat merupakan salah satu aspek psikis manusia yang dapat mendorong untuk mencapai tujuan. Seseorang yang memiliki minat terhadap suatu obyek, cenderung untuk memberikan perhatian atau merasa senang yang lebih besar kepada obyek tersebut. Namun apabila obyek tersebut tidak menimbulkan rasa senang, maka ia tidak akan memiliki minat pada obyek tersebut. Crow and Crow berpendapat bahwa minat erat hubungannya dengan daya gerak yang mendorong seseorang untuk menghadapi atau berurusan dengan orang, benda atau bisa juga sebagai pengalaman efektif yang dipengaruhi oleh kegiatan itu sendiri. Dengan kata lain minat dapat menjadi sebab kegiatan dan sebab partisipasi dalam kegiatan itu.
A.    MACAM – MACAM MINAT
Kuder dalam (Purwaningrum, 1994:14), mengelompokkan minat menjadi 10, yaitu:
·         Minat terhadap alam sekitar, yaitu minat terhadap pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan alam, binatang, dan tumbuhan.
·         Minat mekanis, yaitu minat terhadap pekerjaan yang berkaitan dengan mesin-mesin atau alat teknis.
·         Minat hitung-menghitung, yaitu minat terhadap jabatan yang membutuhkan perhitungan.
·         Minat terhadap pengetahuan, yaitu minat untuk menemukan fakta-akta baru dan pemecahan problem.
·         Minat persuasif, yaitu minat terhadap pekerjaan yang berhubungan mempengaruhi orang lain.
·         Minat seni, yaitu minat terhadap pekerjaan yang berhubungan dengan kesenian, kerajinan, dan kreasi tangan.
·         Minat literer, yaitu minat yang berhubungan dengan masalah-masalah membaca dan menulis berbagai karangan.
·         Minat musik, yaitu minat terhadap masalah-masalah musik, seperti menonton konser, dan memainkan alat-alat musik.
·         Minat layanan sosial, yaitu minat terhadap pekerjaan membantu orang lain.
·         Minat klerikal, yaitu minat yang berhubungan dengan pekerjaan administratif.


B.     MACAM – MACAM KARIR DI DUNIA PARIWISATA
Di dalam dunia pariwisata banyak sekali terdapat bisang – bidang pekerjaan yang ada di dalamnya, salah satunya adalah tour gauide dan masih banyak yang lainnya. Berikut ini adalah penjelasan dari berbagai macam pekerjaan di dunia pariwisata :
1.      Tour guide
Merupakan seseorang yang memimpin suatu perjalanan wisata, baik di dalam negeri yang bertujuan untuk memberikan informasi yang selengkap lengkapnya mengenai suatu obyek wisatadari segi sejarah, geografi dan sebagainya.
Syarat – syarat menjadi Tout guide
-          Warga Negara Indonesia
-          Berusia serendah – rendahnya 20 tahun
-          Menguasai salah satu atau 2 bahasa asing secara aktif
-          Menguasai pengetahuan pariwisata, baik tentang obyek – obyek wisata maupun tentang ketentuan mengenai perjalanan wisata
-          Mempunyai latar belakang pendidikan pariwisata
-          Berkelakuan baik
2.      Pramugari
Pramugari adalah staf/karyawan perusahaan penerbangan yang melayani penumpang terutama keamanannya. Fungsi selanjutnya adalah melayani penumpang dan memberikan kenyamanan pada mereka. Pramugari adalah anggota dari awak pesawat. Istilah pramugari digunakan untuk staf perempuan, sedang sebaliknya untuk staf lelaki adalah pramugara.
Para pramugari dan pramugara selama dalam perjalanan penerbangan secara bersama-sama merupakan “awak kabin” (“cabin crew”), sementara para pilot (di kokpit) dan para teknisi memperhatikan aspek-aspek teknis penerbangan.
Tanggung jawab utama para awak penerbangan adalah keamanan penumpang dan siap siaga dalam keadaan darurat. Hal ini diikuti dengan tugas rutin pelayanan penumpang seperti menyediakan makanan dan minuman di pesawat, dan memenuhi kebutuhan individual para penumpangnya. Peran ini terkadang menjadikan konflik ketika mereka harus meminta seorang penumpang yang telah minum minuman beralkohol terlalu banyak untuk berhenti, atau untuk meminta penumpang memasang sabuk pengaman, duduk, atau meminta mereka mengikuti prosedur keamanan pesawat.
Prasyarat mutlak menjadi pramugari
-          Usia minimal 18 tahun
-          Tnggi badan 160 (Pi) dan 165 (Pa) dengan berat badan proporsional
-          Warga Negara Indonesia
-          Mempunyai pengalaman dalam pelayanan pelanggan, sehat dan bugar
-          Tepat waktu, dapat diandalkan, pekerja keras, antusias dan gembira
-          Mampu bersikap peka dan melayani terhadap orang dari berbagai golongan, budaya dan bangsa
-          Mampu berbahasa Inggris dengan baik dan lancar, baik lisan maupun tulisan
-          Apabila diterima bersedia pindah kota dengan biaya sendiri
3.      Reservation staff
Tugas utama reservation staff adalah mencatat dan memproses seluruh pemesanan kamar secara akurat sekaligus mempromosikan produk hotel serta menciptakan & menjaga citra hotel yang baik melalui pemberian pelayanan yang maksimal.
Adapun rincian tugas reservation staff yaitu: 
·         Menjual produk hotel dengan cara melakukan tehnik penjualan
·         Mempromosikan produk dan fasilitas hotel
·         Mempertahankan pengetahuan tentang produk dan pelayanan yang ada di hotel seperti harga & fasilitas promosi, harga khusus dll
·         Menjalin hubungan yang baik dengan tamu serta mengantisipasi kebutuhan tamu
·         Mencatat dan memproses pemesanan yang dilakukan dengan berbagai macam media
·         Menerima pemesanan kamar yang ada dalam daftar tunggu (waiting list)
·         Memproses perubahan pemesanan kamar
·         Mencatat metode pembayaran yang sudah di atur khusus untuk tamu rombongan dan konvensi
·         Melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari tamu no show
·         Meminta persetujuan FOM atau finance manager untuk pemesanan kamar yang menginginkan pembayaran kredit
·         Membuat laporan reservasi
·         Mengarsip data pemesanan kamar secara akurat.

C.    CARA MENGARAHKAN KARIR
Kita sering mendengar bahwa kunci untuk menemukan potensi karir adalah memahami diri sendiri. Namun hal ini justru kerap kali membuat kita menjadi bertanya “Apa saja yang perlu saya pahami dari diri saya sendiri?” Untuk memahami diri Anda secara penuh, Anda perlu menganalisis lima hal berikut yang akan menjadi kunci dahsyat dalam menemukan potensi karir Anda:
Ø  Kunci No. 1:  Sikap dan motivasi dalam bekerja
Sebagian besar sikap terbentuk pada masa-masa awal kehidupan setiap orang. Sikap ini terbentuk melalui pengamatan tentang apa yang dilakukan orang dalam bekerja dan mendengarkan orang berbicara tentang pekerjaan. Sikap cenderung tidak berubah, sedangkan motivasi untuk bekerja cenderung berubah seiring dengan tahapan kehidupan yang dijalani.
Ø  Kunci No. 2:    Lingkungan kerja  yang Anda inginkan
Ada orang yang sangat yakin memahami lingkungan kerja yang ia inginkan. Sangat mudah bagi orang semacam ini untuk mengarahkan karirnya. Tetapi ada juga orang yang tidak peduli dengan lingkungan kerjanya. Mempertimbangkan aspek lingkungan kerja berarti membuka potensi karir. Putuskan lingkungan seperti apa yang Anda inginkan, baik fisik atau non-fisik. Poin ini akan mempengaruhi semangat Anda dalam menjalani hari-hari kerja Anda.
Ø  Kunci No. 3:   Orang, data, atau benda yang Anda inginkan dalam bekerja
Poin ini adalah kunci menuju kepuasan karir. Jika Anda bekerja pada preferensi yang tidak sesuai mungkin mengenai orang yang bekerjasama dengan Anda, data yang Anda geluti, atau benda yang Anda tangani, Anda akan menemukan diri  Anda berada pada ketidak bahagiaan karir. Pada tingkatan selanjutnya hal ini akan berdampak pada ketidak bahagiaan hidup. Semua ini bisa diatasi dengan perubahan kecil atau modifikasi besar-besaran peran karir yang Anda lakoni atau tipe orang yang bekerjasama dengan Anda.
Ø  Kunci No. 4:    Keterampilan yang Anda miliki
Banyak orang yang merasakan bahwa pekerjaan yang ia lakukan sebenarnya bukan aktivitas favoritnya. Namun, mereka tidak mengetahui jenis keterampilan apa saja yang ia miliki. Alasannya adalah mereka mengira apa yang sudah dikerjakannya selama bertahun-tahun, itulah keterampilannya, dan merasa puas dengan yang ada. Tidak perlu menunggu orang lain menunjukkan kehebatan Anda. Cobalah berbagai hal yang mungkin pernah Anda minati untuk mengetahui keterampilan hebat lainnya yang milik Anda.

1 komentar:

  1. Gambling 101: How to Play Roulette - Mapyro
    Roulette is a game 영주 출장마사지 of chance and strategy that 경상남도 출장샵 can often lead to big wins. 창원 출장마사지 This can be achieved by playing roulette on 성남 출장마사지 a 김제 출장마사지 computerized

    BalasHapus